Pekan Gawai Dayak X Kabupaten Sintang 2023 Diminati Pengunjung


Adil Ka Talino Bacuramin Ka Saruga Basengat Ka Jubata – Arus Arus Arus

Betungkat Ke Adat Basa Bepegai Ke Pengatur Perkara - Auk Auk Auk 

Tabek Salamat Tahto Motong Hulah Bolum – Tuu…uuk.

Sintang, SINTANGNEWS.COM - Pekan Gawai Dayak (PGD) X Kabupaten Sintang 2023 telah dilaksanakan dari tanggal 6 s/d 10 Juli 2023. Semua pelaksanaan PGD X Sintang 2023 ini dipusatkan pada Rumah Betang Dayak “Tampun Juah” Sintang, beralamat  di jl. Sintang-Putussibau, Desa Jerora 1, Kecamatan Sintang. 

Kegiatan PGD Sintang  tahun 2023 ini, diawal dengan Adat Ritual dari Suku Dayak Kebahan Kecamatan Kayan Hulu (Tebidah) pada hari Rabu pagi (05/07/2023), dan sore harinya pada pukul 17.00 WIB diadakan Misa dipimpin Vikjen Keuskupan Sintang Pastor Leonardus Miau, Pr, bersama Pastor Yohanes Pranoto, Pr dan Pastor Heman Yosef, Pr. 

Saat misa berlangsung Rumah Betang dipenuhi masyarakat Dayak Sintang, panitia, pejabat-pejabat OPD Sintang dan anggota DPRD kab sintang. Misa berjalan hikmat dengan iringan koor dari umat Katolik stasi Jerora 1 Paroki Kristus Raja Katedral Sintang.


Panitia PGD X Sintang 2023 mengangkat Tema “Dayak Bersatu, Dayak Maju, Dayak Bermartabat, Siap Menjadi Bagian dari IKN”.  

Pembukaan PGD X Sintang 2023 dibuka pada hari Kamis (06/07/2023) pukul 09.00 WIB oleh Bupati Sintang dr. Jarot Winarno, MMed.PH, dan wakil Bupati Sintang Melkianus, S.Sos., Bapak Lasarus, S.Sos., M.Si., Ketua Komisi V DPR RI. 

Turut hadir Wakil Bupati Melawi Drs. Klusen, Sekjen MADN Drs. Yakobus Kumis, MH, Ketua DAD Provinsi Kalimantan Barat Drs. Kornelis Kimha, M.Si., Ketua DPRD Kabupaten Sintang F. Rony, Ketua DAD Kabupaten Sintang Jeffray Edward, SE,M.Si, Sekretaris DAD Kab. Sintang Drs. Ensawing, Kapolres Sintang, AKBP Tommy Ferdia, SIK.M.Sc, Kasdim 1205 Sintang Mayor Inf. Andreas, unsur Forkopimda Sintang, Ketua panitia Abdul Supriyadi, SH,M.Si dan Sekretaris Agustinus RJ, SH, Anggota DPRD Kab. Sintang, Kepala OPD di lingkungan Pemda Sintang, tokoh adat, tokoh agama, perwakilan Ormas Dayak Sintang dan Kalimantan Barat, Ormas Keagamaan yang ada di sintang, serta perwakilan Kerabat Kesultanan Al-mukarramah Sintang. 

Saat memasuki lokasi Betang Dayak Tampun Juah Sintang, Bupati sintang dan Ketua Komisi X DPR RI Lasarus beserta tamu undangan lainnya disambut dengan ritual adat Hopong Suku Dayak Kebahan kecamatan Kayan Hulu (Tebidah) dan seizin Bupati Sintang, Lasarus melakukan pemotongan Hopong. 


Dalam Sambutannya Bupati Sintang Jarot Winarno mengatakan, bahwa Sintang adalah “Rumah Bersama” Semua elemen masyarakat diberikan ruang untuk menjaga dan mewarisi tradisi adat budayanya, dan salah satunya adalah GAWAI DAYAK ini. Pemerintah daerah Kabupaten Sintang sangat mendukung momen Gawai Dayak.

Di hadapan ribuan warga masyarakat dan tamu undangan di pembukaan PGD X Sintang 2023, Lasarus S.Sos.M.Si Ketua Komisi V DPR RI mengatakan dirinya siap membantu penanganan infrastruktur rumah betang, termasuk halaman rumah betang Tampun Juah yang masih dalam kondisi berlumpur (becek), yang penting Pemda Sintang juga ikut bertanggung jawab. 

“Saya pribadi bisa membereskan semua kekurangan yang ada di Rumah Betang ini, cuma kan dimana tanggung jawab Pemda Sintang, maka kita harus berbagilah untuk menutupi semua kekurangan dan keperluan dalam penataan Rumah Betang kita ini, DAD Sintang harus ikut ambil bagian juga,” kata Lasarus.

Ketua DAD Kabupaten Sintang, Jeffray Edward, SE,M.Si mengatakan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan berpartisipasi dalam pelaksanaan Gawai Dayak X Sintang tahun 2023 ini.

Ketua panitia Abdul Supriyadi, SH,M.Si., mengatakan bahwa pada PGD X Sintang 2023 ini ada berbagai kegiatan yang disuguhkan panitia, yakni Seminar Nasional Pekan Gawai Dayak X Sintang 2023, lomba masakan khas (kuliner) Dayak, Sintang, lomba tato Dayak, lomba melukis Perisai, lomba Pangkak Gasing, lomba menumbuk padi, lomba Tari Kreasi Dayak, lomba Safek, lomba fashion show anak-anak, dan lomba menangkap babi, serta Pemilihan Bujang dan Dara Gawai Dayak X Sintang 2023. 


Selain itu selama PGD X Sintang 2023 ini, di lokasi Betang Tampun Jauh juga dipenuhi warung lapak yang  menyediakan masakan khas (kuliner) Dayak, serta stand Galeri yang memamerkan karya seni budaya Dayak yang ada di Sintang dan Kalimantan Barat. 

“Semua kegiatan berjalan lancar, walaupun hujan mengguyur rumah Betang Tampun Juah, tetap tidak mengurangi animo masyarakat siang dan malam selalu memadati lokasi Gawai Dayak Sintang X tahun 2023 ini,” ungkap Abdul Supriyadi yang saat ini telah dilantik menjadi kepala BPBD Kabupaten Sintang. 

Terima kasih kepada semua rekan panitia yang sudah bekerja keras  siang dan malam tanpa lelah untuk menyukseskan PGD Sintang X tahun 2023 ini. Kepada aparat TNI Polri, POLPP, Dinas Perhubungan Kab. Sintang, PLN ranting Sintang, Damkar Sintang, PDAM Sintang, Bank yang ada di Sintang, investor, agen Honda, Gudang Garam, CU Keling Kumang, CU BIMA, dan para donator. Kami atas nama panitia PGD X Sintang tahun 2023 mengucapkan banyak terima kasih atas bantuannya semua pihak yang sudah terlibat, Hanya Jubata – Petara – Hotalak yang membalas budi semuanya,” tutur Abdul Supriyadi.

Penutupan Gawai Dayak X Sintang 2023 oleh Wakil Bupati Sintang Melkianus, S.Sos, Senin (10/7/2023). Pada malam penutupan PGD Sintang 2023, di hadapan kurang lebih 5000 penonton dan tamu undangan yang hadir, telah dibacakan rekomendasi hasil seminar Pekan Gawai Dayak X Sintang tahun 2023 oleh Moderator seminar bapak Victor Emanuel, SH, MH, CLA yang didampingi Ketua Tim Perumus ibu Dr. Genopepa Sedia, SH, MH, dan Koordinator Seksi Seminar PGD X Sintang 2023, Bapak Michell Eko Hardian, SH, MH, (kandidat doktor ilmu hukum Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Jawa Tengah. 

Rekomendasi hasil seminar PGD X Sintang 2023 ini diserahkan kepada DAD Kab. Sintang untuk disampaikan kepada Pemerintah RI, DPR RI dan DPD RI, Pemda Provinsi dan DPRD Kalimantan Barat, Pemda dan DPRD Kab. Sintang dengan tembusan kepada Majelis Adat Dayak Nasional (MADN), DAD Provinsi Kalimantan Barat, serta DAD kabupaten / kota se-provinsi Kalimantan Barat.

Pengelola Rumah Betang Tampun Juah Sintang adalah Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Sintang. Harapan semua pihak untuk Gawai Dayak XI Sintang tahun 2024, Lokasi Betang sudah tertata, dan harus lebih baik dari tahun 2023 ini, pertahankan yang sudah baik, dan perbaiki yang belum teratasi. (laporan tembawai kelohkak). 


LihatTutupKomentar