Tino Ame dan Marina Jara Tampil Memukau di PGD XI Sintang 2024


Adil Ka Talino Bacuramin Ka Saruga Basengat Ka Jubata

Betungkat Ke Adat Basa Bepegai Ke Pengatur Perkara 

Sintang, SINTANGNEWS.COM - Setelah acara seremonial penutupan PGD XI Sintang, dilanjutkan dengan acara hiburan musik dan lagu oleh artis Dayak di panggung utama rumah Betang Tampun Juah (Sabtu malam 27/7/2024) diiring oleh keyboardis dan sound system BJMB Sound Solution Sintang. Malam penutupan PGD XI ini dipadati pengunjung yang membludak, dan kurang lebih limaribuan penonton tua muda yang hadir. 


Dipandu MC hiburan Emi & Masardi, penampilan artis yang sudah disiapkan panitia secara bergantian melantunkan lagu Dayak seperti Beben, Erna,Alek. Kemudian dilanjutkan penampilan artis Serawak Malaysia, Marina Jara, selain mengisi acara hiburan malam penutupan PGD XI, Marina ke sintang juga untuk membuat video clip untuk lagunya, terangkanya. Artis Dayak kalbar asal Sintang yang sudah familiar di masyarakat, Tino Ame membuat histeris penonton yang hadi, yel-yel Dayak Ganteng bergumuruh di halaman Betang Tampun Juah, ketika Tino Ame memasuki panggung. Tino Ame menyuguhkan lagu-lagu ciptaannya selalu diikuti syair oleh penoton, tampak semprotan air dari mobil Damkar Sintang memberikan suasana dingin, dengan kilatan sinar lampu dari Ais Pro Lighting & dari Tri Tama Multi media semakin menambah kemeriahan panggung hiburan penutupan PGD XI Sintang 2024. 


Untuk menjaga kondisi keamanan malam penutupan & hiburan PGD XI Sintang 2024, pada sore harinya (Sabtu, 27/7/2024) di halaman betang diadakan apel PAM Gawai yang dipimpin langsung Kabag Ops Polres Sintang Kompol Aang Permana, SIP, S.H.M.AP, dan pihak Polres Sintang menurunkan sebanyak 130 personil, Brimob, pihak TNI 10 Personil, Pol PP & dinas perhubungan, Damkar Kab. Sintang. Acara malam hiburan penutupan Gawai berakhir pukul 24.00 WIB berjalan aman dan sukses. 


Walaupun Hiburan telah selesai, pengunjung belum juga beranjak dan masih memadatai rumah betang Tampun Juah, ada masih duduk santai di halaman betang, mengunjungi lapak masakan kuliner khas Dayak, lapak galeri yang tersedia. Padatnya pengunjung di malam penutupan Gawai, pada pukul 22.00 WIB (27/7/2024) terlihat arus lintas jalan Sintang-Putussibau di depan Betang mengalami kemacetan, kendaraan dari Sintang ke Putussibau, sebaliknya dari arah Putussibau ke Sintang padat merayap depan betang hingga jalan depan BTN Cipta Mandiri gerbang selamat datang. 


Untuk kedepan perlu dipikirkan supaya adanya pelebaran ruas badan jalan untuk radius tertentu yang melintasi depan Betang Tampun Juah dan perlu lahan parkir kendaraan sehingga tidak memadati halaman Betang Tampun Juah Sintang. Dari pantauan lapangan hingga pukul 05.45 WIB (Minggu, 28/7/2024) baru terlihat arus kendaraan bisa teratasi, dan tampak jajaran Polres Sintang dari sore Sabtu hingga dini hari minggu pagi terus mengatur arus lalu lintas kendaraan. (*)








LihatTutupKomentar